Official Partners

Official Partners

Friday, November 18, 2011

Tips - Cara Parkir yg Benar untuk Mobil Matic/AT

Tips - Cara Parkir yg Benar untuk Mobil Matic/AT 
By Ferry "Sally_Blue" 111109

Rata2 kalau kita pakai mbl matic, waktu mau parkir proses nya, injek pedal rem, tarik rem tangan, terus pindah tuas dari D, N, R lalu P dan baru lepas pedal rem.
Kalau jalanan nya lagi gak rata, pasti mobil agak nge gelinding dulu sedikit baru ngunci....
Betul ?
Terus nanti waktu mau jalan lagi, biasanya waktu mindahin tuas dari P ke R pasti agak seret...
Betul ?
Kebiasaan ini sudah mendarah daging....
Mobil matic, pada posisi P si transmisi mengunci putaran roda ban...
Kalau misalnya rem tangan kita sudah kurang pakem, yang membuat mobil berhenti menggelinding di posisi P itu transmisi nya yang ngunci putaran roda ban....
Waktu kita mau jalan lagi mindahin tuas nya dr P ke R seret dan berbunyi kleng.... lama2 kalau selalu dan berulang2 dilakukan proses parkir seperti ini, bukan hanya pada posisi perpindahan dari P ke R saja yg berbunyi kleng... Nantinya setiap perpindahan tuas pun, akan bunyi kleng2 seperti ini...

Jadi bgmn caranya memarkir mobil matic dengan benar dan tidak sampai merusak transmisi ?
1. Cek kanvas rem tangan mbl nya. Anggapan kita selama ini, rem tangan kan cuman untuk ngerem parkir aja... Gak abis2 kok sampai kapan pun.... Betul gak akan habis, tapi kalau sudah berumur kira2 3 tahun ke atas, kanvas rem tromol ini sudah mengeras. Terus bgmn cara ngecek nya masih bagus apa tidak nya ?
Cari jalan yg menanjak atau agak menurun, injek pedal rem, tarik rem tangan, pindahin transmisi ke N terus lepas pedal rempelan2, mobil nya diem apa ngegelinding terus ?
Kalau diem, berarti rem tangan nya masih bekerja dengan baik. Kalau mobil masih bergerak, coba service rem nya dulu, kalau DIY, bisa buka tromol nya, pakai Brake Cleaner dan hamplas kasar untuk nge hamplas permukaan kanvas rem nya dan stel ketinggian tarikan rem tangannya. Kalau sudah diservice ternyata masih gak pakem juga, sebaiknya ganti kanvas rem tromol nya.

2. Kalau rem tangan bekerja dengan baik, Pada saat mau parkir dalam kondisi jalan rata atau menanjak/menurun, biasakanlah untuk melakukan langkah2 proses parkir sbb:
1. Injek pedal rem sampai kendaaran berhenti total dan tidak bergerak dan tahan pedal rem nya.
2. Pindahkan tuas transmisi ke N.
3. Tarik rem tangan (setelan ketinggian rem tangan yang baik dan benar adalah 7 klik maximal (udah gak bisa ditarik lagi lebih dari 7 klik) dan 5 klik sudah mengunci Ban. Jadi masih ada 2 tambahan klik untuk mempermudah melepas rem tangan.
4. Lepas rem kaki perlahan2 pastikan roda tetap pada posisi diam (ban terkunci dan mobil tidak bergerak maju ataupun mundur sama sekali.
5. Kalau mobil sudah pada posisi diam dan tidak bergerak, baru kita pindahkan tuas transmisi dari N ke R dan P. Sewaktu perpindahan ini usahakan tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Dalam artian, jangan sampai waktu pindahin dari N ke R, transmisi nya sampai engage untuk perubahan gigi dari netral ke mundur terus pindah lagi ke posisi parkir. Ibarat nya benda bergerak sudah tenang2 diam, terus di suruh mundur terus langsung disuruh lagi ngunci transmisi (Lock/Park) hal ini bisa merusak komponen di dalam transmisi.

Dengan langkah2 di atas, akan sangat membantu mengurangi kerusakan pada gear transmisi, synchromes  dan bunyi kleng2 pada saat perpindahan tuas matic dari P ke R, N D dst nya maupun sebaliknya.

Semoga berguna....

No comments:

Post a Comment