Official Partners

Official Partners

Friday, November 18, 2011

Tips Perawatan AC Mobil dan Troubleshooting AC Mobil

Rekan2 pecinta Otomotif,
Kali ini XR AutoParts ingin berbagi Tips cara2 perawatan AC yang terbaik berdasarkan pengalaman yang telah dialami selama bbrp tahun terakhir ini.

Pengalaman yang lumayan merogoh kocek/kantong dengan harus membeli 2 kompressor AC dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun di akhir tahun 2006 dan April 2007 untuk kendaraan Suzuki Escudo 95 dan Suzuki Aerio 2003.

Kemudian kantong sobek lagi di tahun 2009 dengan membeli kompressor AC lagi untuk kendaraan BMW E36 M40 '92.

Anggapan yang menurut kami adalah salah: AC Mobil saya masih dingin kok.. malah sampai harus pakai jaket atau harus di matikan dan dihidupkan karena kedinginan.Dulu saya juga beranggapan yang sama terbukti dari kendaraan Suzuki Aerio yang dibeli baru sejak 2003 dan akhirnya haru membeli kompressor pada April 2007.

Berdasarkan pengalaman dan pemahaman yang tidak baik di atas, oleh karena itu ijinkan saya untuk berbagi beberapa tips perawatan AC. Tips perawatan AC ini bersumber dari pengalaman, praktek dan informasi dari rekanan AC XR AutoParts.


Perawatan Rutin Mingguan

AC (Air Conditioner) mengambil/memutar udara dari 1 sumber: dari udara luar (Fresh Air) melalui firewall atau ruang mesin dan dari dalam (Recycle) mobil itu sendiri. Untuk beberapa type mobil seperti contohnya Toyota Avanza dan Xenia, sistem AC nya hanya mengambil/memutar udara dari dalam (Recycle) mobil itu sendiri.

Saat sistem AC mobil menggunakan sistem Recycle (memutar udara di dalam mobil), udara diambil dari ruang kaki Driver / Passanger dan untuk mobil Eropa juga ada yang memutar udara dari bawah jok Driver dan Passanger. Artinya AC mobil akan mengambil udara dari ruang kaki dimana ruang kaki adalah tempat paling kotor di dalam kabin. Debu2 dari jalanan yang melekat di alas kaki, alas sepatu dan alas sandal kita akan tertinggal dari ruang kaki ini. Hal ini berarti semua debu akan dihisap/disedot oleh blower AC mobil kita. Ada kendaraan yang menggunakan Filter Blower AC ada juga yang tidak menggunakan filter AC dimana kotoran langsung menempel pada Evaporator AC.

Oleh karena itu, untuk mencegah jumlah debu/kotoran yang dihisap/disedot oleh AC mobil kita, ruang kabin mobil lebih baik di vacuum minimal satu minggu sekali.

Kalau tidak rajin di vacuum efeknya apa ya ? Efeknya ada 2:

Efek Pertama: Kotoran akan melekat pada Evaporator. Dicampur dengan kondensasi Evaporator (air) maka akan menimbulkan karat dimana Evaporator akan bocor di masa yang akan datang. Evaporator yang bocor akan menyebabkan kotoran masuk ke dalam evaporator, expansi dan masuk ke dalam kompressor AC. Dalam jangka waktu yang memang relatif lama, maka kompressor AC akan rusak/jebol sebelum waktunya.

Efek Kedua: Kotoran akan melekat pada Evaporator, di sirkulasi oleh blower dan dihirup oleh kita. Terbayangkan udara seperti apa yang kita hirup di dalam nya. Memang tidak terlihat karena semua komponen blower, evaporator dan filter AC ada di bawah dashboard. Tapi pada saat blower di bongkar, kita akan sadar kotoran nya seperti apa dan selama ini kita sudah bernafas udara dengan komponen2 kotoran yang ada di dalam nya.

Jadi, rajin2 lah mem-vacuum kendaraan anda minimal seminggu sekali, setidaknya ini akan mengurangi jumlah kotoran yang dihisap/disedot oleh blower AC kita.


Perawatan Rutin 6 Bulanan

Jika menggunakan Filter Blower AC, filter di lepas dari rumah Blowe untuk dibersihkanr. Posisi Filter biasanya ditempatkan sebelum Evaporator. Filter ini perlu di bersihkan. Kotoran/debu banyak yang melekat pada filter ini.
Cara membersihkannya sangat mudah, kalau ada compressor angin cukup disemprotkan dari sisi bagian dalam filter. Kalau tidak ada compressor angin, cukup dengan menggunakan kuas kering pada sisi yang kotor kemudian di kipas2 sedikit, jangan terlalu kencang krn bisa merusak bentuk filter nya.
Hal ini dilakukan untuk menjaga agar putaran blower tidak menjadi berat, mengingat kotoran yang menumpuk pada Filter akan membuat kinerja Blower menjadi lebih berat karena udara yang dihisap/disedot ringan menjadi berat krn kotoran yang sudah menumpuk.

Pada saat yang bersamaan, dianjurkan untuk memeriksa kabel2 dan Fuse/Sekring Extra Fan AC. Kalau sampai Extra Fan tidak bekerja, maka akan merusak kompressor AC yang disebabkan oleh OverHeat atau terlalu panas.

Cek jumlah Freon AC. Jika kurang segera ditambahkan.


Perawatan untuk Kendaraan Baru

1. Selain dari perawatan rutin di atas, setelah kendaraan mencapai 25.000 - 30.000 km (perhitungan jarak tempuh) atau kendaraan telah berumur 1 tahun (mana yang lebih dulu) service standard wajib dilakukan.
Service standard ini adalah:
- bongkar blower AC
- cuci seluruh komponen blower AC
- cuci evaporator
- ganti Filter Blower AC jika ada
- kuras Freon dan isi Freon baru
- tambah oli kompressor AC dan mem-vacuum kompressor sebelum mengisi Freon baru
- tidak diperlukan untuk mengganti expansi dan drier
- cek kelistrikan Extra Fan AC.

2. Setelah kendaraan mencapai 50.000 - 60.000 km (perhitungan jarak tempuh) atau kendaraan telah berumur 2 tahun (mana yang lebih dahulu) service total wajib dilakukan.
Service total ini adalah:
- bongkar blower AC depan dan double blower AC jika ada
- cuci seluruh komponen blower AC
- bongkar dan cusi kondensor AC
- cuci evaporator
- ganti Filter Blower AC jika ada
- kuras Freon dan isi Freon baru
- tambah oli kompressor AC dan mem-vacuum kompressor sebelum mengisi Freon baru
- ganti expansi dan ganti drier
- cek kelistrikan Extra Fan AC.


Perawatan Kendaraan Second atau Kendaraan diatas umur 2 tahun/
Perawatan AC Mobil Rutin Tahunan


Tahap perawatan ini hampir bisa dikatakan sbg perawatan service total. Ada baiknya jika kita baru membeli kendaraan second untuk melakukan perawatan service total ini, jika kita tidak mengetahui sejarah perawatan AC nya. Tapi terkadang sejarah perawatan AC mobil yang kita beli second bisa juga kita ditipu/dibohongi.
Ada baiknya untuk melakukan hal2 sbb:
- bongkar blower AC depan dan double blower AC jika ada
- cuci seluruh komponen blower AC
- bongkar dan cusi kondensor AC jika condensor terlihat sudah kotor.
- cuci evaporator
- ganti Filter Blower AC jika ada
- kuras Freon dan isi Freon baru
- tambah oli kompressor AC dan mem-vacuum kompressor sebelum mengisi Freon baru
- ganti expansi dan ganti drier jika diperlukan (jika sudah kotor)
- cek kelistrikan Extra Fan AC dan ganti jika perlu untuk menghindari surprise AC tiba2 menjadi hangat saat kita sedang berkendara. Umur Extra Fan AC, paling cepat adalah: 2 tahun dan paling lama bisa mencapai 5 tahun sebelum kompenen Extra Fan melemah.


TROUBLESHOOTING
AC gak dingin yang ada cuman hembusan angin doang
Cek jumlah Freon, jika kurang segera ditambah

Baru isi Freon bbrp minggu yang lalu atau bulan lalu, kok musti nambah lagi ?
Cek kebocoran. Kebocoran bisa terjadi pada selang/pipa AC, evaporator, drier atau condensor.

Pagi Hari/Malam Hari AC dingin, kok waktu siang panas terik jadi gak berasa ya ?
Cek Extra Fan, kemungkinan Extra Fan sudah lemah atau fuse/sekring Extra Fan sudah rusak
Cek kebocoran

Lagi enak jalan2, kok AC jadi panas ?
Cek Extra Fan, kemungkinan besar motor Extra Fan sudah lemah atau cenderung sudah mati atau Fuse/Sekring Extra Fan putus/rusak
Cek kebocoran

Biasanya AC kalau speed 1 atau 2 lumayan kencang.. kok skrg kurang kencang ya. Harus ke speed 3 atau 4
Cek Filter AC pasti sudah kotor
Cek Switch Speed AC mungkin ada yang kotor jadi Blower tidak berputar kencang
Cek Werstand AC, kemungkinan perlu di ganti

Biasanya kalau Switch Speed AC diputar ke speed 1 atau 2 langsung jalan tapi kok harus diputar ke speed 3 dulu baru blower nya jalan
Cek Werstand AC, kemungkinan perlu diganti

Kalau AC dihidupkan kok mesin jadi berisik ?
Cek Kompressor AC, kemungkinan kompressor AC perlu diservice atau di ganti.
Suara berisik dari Kompressor AC biasanya suaranya seperti suara ngorok, ini disebabkan oleh dinding cylinder kompressor sudah baret2 oleh kotoran, jadi piston yang bergerak tidak leluasa dan beradu dengan dinding kompressor yang baret.

Kompressor saya musti diganti kenapa ?
Pertama2 faktor umur. Umur terpendek kompressor AC adalah 5 tahun dan kalau beruntung bisa mencapai 10 tahun+ (dengan catatan semua langkah2 perawatan AC diatas sudah dilakukan dengan benar)
Penyebab kedua, anggapan kita yang salah di atas.. AC masih dingin kok musti di service. ya inilah yang sering terjadi dan masih dilakukan oleh banyak orang.

Saya baru ganti kompressor tahun kemarin, kok skrg sudah harus ganti kompressor lagi ? /
Saya baru ganti kompressor 6 bulan yang lalu, kok skrg sudah rusak lagi kompressor nya ?

Apakah pada saat ganti kompressor baru: condensor+evaporator sudah dikuras atau diganti ? apakah expansi dan drier sudah diganti ? Apakah penggantian/modifikasi yang dilakukan sudah dilakukan dengan baik dan benar ?
Sbg contoh, pada kendaraan Innova, satu kebocoran saja bisa merusak kompressor AC nya. pada kendaraan2 yang lain pada umumnya, sedikit kotoran yang ada didalam condensor akan masuk kembali kedalam kompressor kotoran ini akan membaret2 dinding cylinder kompressor tsb.
Pemasangan kembali komponen2 AC setelah service haruslah steril untuk mencegah kotoran masuk dan berputar kembali ke dalam kompressor AC dan komponen2 AC lainnya.

Saya mau service AC, kemana ya?
Carilah bengkel AC yang mempunyai reputasi yang baik. Ada baiknya bertanya2 dengan rekan2 otomotif yang lain. Selain itu bengkel AC seperti kita nge-bengkel mobil kita, ya cocok2an juga sih. Ada yang cocok sama bengkel Anu... ada yang cocok sama bengkel Ini, ya ini semua tergantung dari kita juga. Kita lebih sreg dimana dan kita lebih mampu kemana... pilihannya ada di tangan kita...

Salam Otomotif
Ferry - XR AutoParts
1 July 2010





Contoh keadaan parts AC maupun keadaan ruang kabin untuk kendaraan yang tidak pernah men-service AC nya selama 5 tahun.





Contoh Microfilter Avanza pada pemakaian hanya 1 tahun:



No comments:

Post a Comment